Penyimpanan Data Menggunakan Freenas

Pengertian
FreeNAS adalah sistem operasi yang dapat diinstal di hampir semua platform perangkat keras untuk berbagi penyimpanan data komputer melalui jaringan komputer. 'Gratis' seperti dalam 'bebas dan open source' dan 'NAS' seperti dalam "network attached storage", FreeNAS adalah cara paling sederhana untuk membuat rumah terpusat dan mudah diakses untuk data Anda.
Proyek FreeNAS dan software yang didirikan pada tahun 2005 pada prinsip bahwa penyimpanan jaringan dibuat tersedia untuk dunia tanpa biaya dan tidak terbebani oleh batasan lisensi. The FreeNAS Proyek memiliki komunitas yang matang dan tim pengembang didedikasikan untuk memenuhi tujuan itu dan memberikan yang terbaik solusi penyimpanan (open source) file jaringan di dunia.

Sejarah FreeNas

Proyek FreeNAS dimulai pada bulan Oktober 2005 oleh Olivier Cochard-Labbe yang berdasarkan itu pada m0n0wall tertanam firewall dan FreeBSD 6.0 . Volker Theile bergabung dengan proyek pada bulan Juli 2006 dan menjadi memimpin proyek pada bulan April 2008. Pada bulan September 2009, tim pengembangan menyimpulkan bahwa proyek, kemudian di rilis 0,7, adalah karena untuk penulisan ulang lengkap untuk mengakomodasi fitur-fitur modern seperti plug-in arsitektur. Theile memutuskan bahwa proyek terbaik akan reimplemented menggunakan Debian GNU / Linux dan bergeser upaya pengembangan untuk proyek CoreNAS sementara dan akhirnya OpenMediaVault mana ia terus sebagai pemimpin proyek. Cochard-Labbe menanggapi keberatan masyarakat untuk "Versi Debian dari FreeNAS" dan dilanjutkan kegiatan dalam proyek dan mengawasi transfer ke FreeNAS pengguna iXsystems . [1] [2] iXsystems menulis ulang FreeNAS dengan arsitektur baru berdasarkan FreeBSD 8.1 dan Django CMS , melepaskan FreeNAS 8 Beta pada bulan November 2010. [3] The plug-in arsitektur tiba dengan FreeNAS 8.2 dan FreeNAS versi disinkronkan dengan FreeBSD untuk kejelasan. FreeNAS 8.3 memperkenalkan full-disk kriptografi dan FreeBSD 9.1 berbasis FreeNAS 9.1 membawa update plug-in arsitektur yang kompatibel dengan PC-BSD Warden kerangka kerja manajemen penjara. FreeNAS 9.1 juga merupakan versi pertama dari FreeNAS menggunakan OpenZFS V5000 masyarakat yang didukung dengan Flags Fitur. 

Pengembangan .7 FreeNAS dilanjutkan Maret 2012 sebagai NAS4Free proyek di bawah kepemimpinan Daisuke Aoyama dan Michael Zoon.  Olivier Cochard-Labbe telah pergi untuk menemukan Proyek Router BSD.

Fitur - Fitur FreeNas 
  • Replication (untuk membackup data)


2. Data Protection (untuk perlindungan data)



3. Encryption (untuk mengamankan suatu informasi/volume ZFS )




 4. Snapshots (untuk mescreenshot file system/ menu-menu FreeNAS )

5. File Sharing
untuk sharing data. Setiap istem operasi utama didukung dengan SMB / CIFS (Windows file saham), NFS (Unix file saham) dan AFP (Apple Berkas Saham) serta FTP, iSCSI (block berbagi), WebDAV dan metode lain dari berbagi data melalui jaringan tersedia.


6. Web Interface
 untuk satu tujuan, yaitu menyederhanakan tugas-tugas administrasi yang rumit untuk selebar basis pengguna mungkin.


7. Plugin (perangkat lunak aplikasi menambah fungsi FreeNAS)



bacula Jaringan solusi backup (server)
BitTorrent (Sync) Cepat, file sharing pribadi untuk tim dan individu. Data bergerak langsung dari perangkat ke perangkat, melompat-lompat awan.
couchpotato Sebuah otomatis NZB dan torrent downloader
CrashPlan Crashplan punggung up data ke server remote, komputer lain, atau hard drive
gamez Automated downloader untuk video game
htpc-manager Sebuah antarmuka sepenuhnya responsif untuk mengelola semua perangkat lunak favorit Anda di HTPC Anda.
cheri Sebuah antarmuka web sederhana untuk bertindak sebagai gambaran / halaman depan bagus untuk XBMC HTPC
minidlna MiniDLNA (alias ReadyDLNA) adalah perangkat lunak server dengan tujuan sepenuhnya kompatibel dengan DLNA / UPnP AV-klien.
Mylar Sebuah Comic Book downloader otomatis (cbr / CBZ) mencoba untuk mengikuti garis sickbeard dan headphone.
ownCloud ownCloud adalah sistem untuk penciptaan dan pengelolaan sumber daya pribadi awan
plexmediaserver The Plex Media Server komponen
sabnzbd Open Source Binary Newsreader
PVR sickbeard untuk pengguna newsgroup
transmisi A ringan, klien BitTorrent namun kuat
Menulis Plugins Anda Sendiri Sementara proyek FreeNAS hanya memasok beberapa plugin, siapa pun dapat menulis dan mendistribusikan plugin untuk hal-hal yang mereka inginkan. Tidak ada batasan untuk plugin Anda dapat membuat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Cetak Label Beserta Barcode pada Slims 8

Cara Membuat Label Barcode Warna pada Slims 8 Akasia

Konfigurasi Webmail menggunakan Roundcube