Penggunaan Layanan P2P Pada Slims 8 Akasia



Assalamu'alaikum Wr. Wb

Kali ini saya akan share mengenai bekerja lebih cepat dengan menggunakan layanan P2P pada SLIMS. Sebelum itu, kita harus tau dulu apa itu SLIMS disini, dan juga langkah instalasinya disini.

Layanan P2P yang ada pada modul Bibliography SLIMS berfungsi sebgai protokol yang memungkinkan SLIMS mengambil data dari SLIMS lainnya. Dengan adanya fitur P2P ini sangat memungkinkan bagi petugas di perpustakaan untuk bekerja lebih cepat khususnya dalam bidang entri data koleksi sebab petugas hanya perlu menuliskan judul pada kotak pencarian pada P2P Service maka SLiMS akan mencari data buku tersebut dengan sendiri kemudian tambahkan itemnya. Sebelum bicara lebih jauh penulis ingin mengingatkan dulu bahwasanya SLiMS yang dapat menggunakan fitur P2P Service ini adalah SLiMS yang bisa mengakses internet sedangkan SLiMS yang nantinya akan di jadikan tempat mengcopy metadata harus bisa di akses melalui internet. Yuk lanjut, sebenarnya untuk menggaktifkan fitur P2P Service sangat mudah sekali, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan SLiMS mana yang akan dijadikan tempat mengcopy data, sebagai contoh penulis menjadikan http://smkn1jogonalan.sch.id/perpustakaan sebagai tempat mengcopy data. Jika sudah ditentukan mari kita mulai mengaktifkannya.
  1. Yang pertama silahkan Anda buka file sysconfig.inc.php kemudian cari yang tulisan Peer to peer server config.

  2. Pada Http isikan alamat URL yang kan kita jadikan sebagai copy data.

  3. Setelah itu silahkan di save. Lalu masuk ke halaman perpustakan online. Masuk ke menu Bibliography ==> Layanan P2P.

  4. Kalau sudah masuk, pada pencarian silahkan ketikkan kata kunci judul buku. Contohnya bahasa.

  5. Lalu check list judul bukunya dan save to database.

  6. Kalau sudah silahkan cek pada menu Bibliography. Secara otomatis buku yang tadi dicopy akan tersimpan. Namun kita haus menambahkan eksemplarnya terlebih dahulu. Untuk memasukkan ID Barcode.

  7. Isikan ID Barcode atau kode eksemplar



    Selesai :)
    Buku sudah bisa dipinjam.
    Semoga bermanfaat.
    Wassalamu'laikum Wr. Wr

Komentar

  1. Saya sudah coba layanan p2p pada slims 8 akasia, tapi saat mengcopy katalog tidak pernah berhasil, "0 record insert to database". Kira-kira masalahnya apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelumnya saya minta maaf, telat lama banget balasnya :)
      sejauh ini saya belum pernah mengalami hal seperti itu, tapi kalau berhubungan dengan database, itu biasanya masalah sama MySqlnya

      Hapus
  2. itu masukin id eksemplarnya musti satu-satu gitu ya kak ?
    na kalo jumlah bukunya ratusan gimana ?? :)
    minta sarannya ya kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelumnya maaf terlambat balasnya, untuk memasukkin id eksemplar gak harus satu-satu, bisa kriting nanti tangannya :)

      begini, kalau kita masuk ke menu Add New Bibliografy nanti kita memasukkan Item(s) Code Batch Generator Bagian ini diisikan dengan Pola/Pattern, From dan To. Pola berisi pola kode item/barcode yang diinginkan, misalnya B01, From diisi dengan 1, To diisi 10. Hal ini berarti pustakawan menginginkan kode item yang dihasilkan adalah B011, B012 ..... B0110. Model ini akan sangat membantu dalam penginputan data ketika sering menerima koleksi buku paket dalam jumlah banyak.

      Jika pola diisi B00, From di isi 1, to diisi 5 maka hasilnya akan menjadi B01,B02,B03,B04,B05.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Cetak Label Beserta Barcode pada Slims 8

Cara Membuat Label Barcode Warna pada Slims 8 Akasia

Konfigurasi Webmail menggunakan Roundcube