5 Error Page yang Umum Terjadi Beserta Fungsinya

 Assalamu'alaikum Wr. Wb


Kali ini saya akan share mengenai beberapa pesan error yang seringkali kita jumpai. Nah, sedikit sekali orang yang mengerti mengenai maksud dan penyebab munculnya error ini. Maka kali ini saya akan sedikit berbagi dengan teman-teman semua fungsi dari 5 error page di bawah ini.
  1. 400 Bad Request : Halaman error ini akan muncul ketika terdapat request (permintaan) pengunjung website yang tidak dimengerti oleh server sehingga server tidak dapat melanjutkan proses sesuai dengan permintaan. Hal ini biasanya disebabkan oleh adanya kesalahan script programming pada server.
  2. 401 Authorization required : Halaman error ini muncul ketika ada pengunjung website yang berusaha untuk mengakses sebuah halaman atau direktori yang diproteksi. Untuk dapat mengakses halaman atau direktori tersebut maka pengunjung website harus memasukkan user dan passwordnya dengan benar, jika tidak maka halaman error ini akan terus muncul.
  3. 403 Forbidden : Halaman error ini muncul ketika server tidak mengizinkan pengunjung untuk mengakses sebuah halaman atau direktori dari website Anda.Hal ini terjadi karena halaman atau direktori tersebut memiliki file permission yang melarang pengguna public untuk mengaksesnya.
  4. 404 Not Found : Halaman error ini muncul ketika Anda berusaha mengakses sebuah URL atau halaman website yang tidak falid, bisa karena memang URL atau halaman websitenya tidak pernah ada bisa juga karena URL atau halaman tersebut sudah dihapus oleh pemilik website.

  5. 500 Internal Server Error : Halaman ini muncul karena server And sedang mengalami masalah, biasanya halaman error ini muncul karena terjadinya kesalahan konfigurasi sehingga server tidak bisa memenuhi request yang dilakukan oleh pengunjung.

Selain 5 error tersebut , sebenarnya masih banyak error page lainnya seperti 501 Not Implemented, 502 Bad Gateway, 503 Service Unavailable, 504 Gteway Timeout , dan lain sebagainya. Namun yang sering umum terjadi ya 5 error page di atas.

Semoga bermanfaat :)
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Komentar

  1. "Connection Timed Out" pada website itu apa mbak...?? sedangkan jika searching google tetap terkoneksi internet ( masih Lancar )..

    BalasHapus
  2. Setahu saya, Connection time out itu terjadi pada saat aplikasi client sudah membuat koneksi ke aplikasi server melalui port yang dibuka oleh server, namun tidak ada respon dari aplikasi server setelah jangka waktu tertentu.
    Nah, kalau penyebabnya itu :
    1. Aplikasi server sibuk
    2. Aplikasi server mengalami overload atau kelebihan beban koneksi
    3. Aplikasi server hang atau tidak merespon
    4. Aplikasi client melakukan koneksi dengan waktu time out yang sangat kecil (terlalu cepat).
    5. Koneksi jaringan atau internet yang sangat lambat.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Cetak Label Beserta Barcode pada Slims 8

Cara Membuat Label Barcode Warna pada Slims 8 Akasia

Konfigurasi Webmail menggunakan Roundcube