Pengertian Website, Hosting, DNS, Domain, dan URL

Apaan Sih Website Itu?

Ketika Anda ingin mengakses sebuah halaman situs, sebagian dari Anda akan mengetikkan kata www di depannya. Misalnya ketika Anda ingin mengakses google maka Anda akan mengetikkan www.google.com , dan ketika Anda ingin mengakses yahoo maka Anda mengetikkan www.yahoo.com. Lalu apa sih www itu?

WWW merupakan singkatan dari Worl Wide Web, atau yang lebih sering kita dengar dengan sebutan website atau banyak yang menyebutnya dengan kata web saja.

Website adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website merupakan komponen atau kumpulan komponen yang bisa terdiri dari teks, gambar, suara, video, animasi dan lain sebagainya.

Semua informasi website tersimpan di sebuah webserver yang dikelola oleh seseorang. Informasi yang tersimpan di webserver tersebut umumnya akan ditampilkandalam bentuk HTML. (Hypertext Markup Language).

Dari komputer yang kita gunakan, website dapat diakses dengan menggunakan sebuah softwareatau program aplikasi yang disebut web browser. Contohnya adalah : opera, internet explorer, firefox, chrome, dan lain sebagainya.


Cara Kerja Website

Cara Kerja DNS

1. Pengunjung website mengetikkan alamat website, misalnya www.eridesktop.com

2. Melalui jaringan internet, pengunjung melakukan request alamat www.eridesktop.com ke registar.

3. Registar adalah perusahaan tempat nama www.eridesktop.com terdaftar, registar memerintahkan DNS Server untukmencari alamat www.eridesktop.com

4. DNS Server menemukan alamat www.eridesktop.com dan memerintahkan hosting server untuk memberikan file – fileyang diminta oleh pengunjung.

5. File – file yang diberikan oleh hosting serverditerima dan diterjemahkan oleh web server.


Apa Hosting Itu?


Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya, bahwa website adalah sebuah halaman informasi yang terdiri dari komponen data yang dapat berupa teks, gambar, video, audio, dan sebagainya. Agar dpat diakses oleh orang lain melalui jaringan internet maka komponen – komponen dalam sebuah website harus diletakkan dalam sebuah “tempat” yang terkoneksi oleh jaringan internet pula.

“Tempat” tersebut yang kita kenal dengan istilah server. Server ini layaknya komputer biasa, di dalam server terdapat komponen yang lazim terdapat pada sebuah CPU seperti Memori, Hard disk, Prosesor, dan lain sebagainya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Pertama :
Anda dapat melayani permintaan pengunjung yang akan mengakses website Anda selama 24 jam penuh maka komputer server Anda harus dalam keadaan menyala 24 jam nonstop. Jika Anda mematikan maka website nda tidak akan bisa diakses oleh mesin pencari. Menyalakan komputer nonstop tentunya akan sangat menyiksa komputer dan tagihan listrik Anda.

Kedua :
Website Anda nantinya akan menerima permintaan dari pengunjung. Semakin banyak request maka kinerja komputer akan semakin terbebani, jika komputer Anda tidak bisa menerima permintan dari pengunjung lagi maka website anda akan tumbang. Untuk itu harus mempunyai spesifikasi khusus yang jauh diatas komputer biasa, dan mengeluarkan dana yang lebih tentunya.

Ketiga :
Anda harus memilik kneksi internet dengan speed download dan upload yang mumpuni. Jika kecepatan akses tidak mumpuni maka akan sangat lambat ketika diakses dan akan dijauhi pengunjung juga mesin pencari.

Jadi kesimpulannya, hosting adalah tempat untuk menyimpan file dan konten website yang berupa teks, gambar, video, audio, dan lain sebagainya yang dapat diakses oleh orang yang terkoneksi dengan jaringan internet.

Apa Itu DNS?


DNS atau Domain Name System adalah sebuah sistem yang memungkinkan alamat IP sebuah server menggunakan nama yang lebih manusiawi.
Karena sistem alamat dengan menggunakan nomor IP ini sangat ribet dan susah untuk diingat maka digunakanlah sistem penamaan website menggunakan huruf. Jika menggunakan huruf maka kan lebih mudah untuk diingat. Dengan adanya DNS Anda cukup mengetikkan www.google.com pada browser tanpa mengetikkan 173.194.38.191.

Apa Itu Domain?

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasikan server, baik iu web server atau email server di komputer. Bahasa gampangnya domain adalah nama website kita. Untuk alamat website www.google.co.id maka nama domainnya adalah google.co.id. Nama domain terdiri dari 2 bagian :
1. Nama domain
2. Ekstensi

kita ambil contoh untuk nama domain google.com maka :
Nama domain : Google
Ekstensi : .com

Extensi Domain
Extensi domain tidak hanya .com saja tapi masih banyak extensi domain lainnya seperti .co.id, .net, .org, .asia, .id dan lain sebagainya.
Namun banyaknya extensi domain tersebut dibagi menjadi 3 kategori :
1.Generic Top Level Domain (gTLD), merupakan kategori extensi domain yang umum digunakan secara luas. Seperti .com, .net, .org, dan lain sebagainya.
2.Country Code Top Level Domain (ccTLD), adalah kategori extensi domain yang merupakan kode tiap – tiap negara seperti .id untuk indonesia, .us untuk amerika serikat, .jp untuk jepang, .sg untuk singapura, dan lain sebagainya.
3.Infra Structure Top Level Domain, merupakan domain khusus untuk infrastruktur, satu-satunya domain jenis ini adalah .arpa.

Contoh penggunaan ekstensi domain umum
.com: digunakan untuk kepentingan komersial atau perusahaan.
.net: digunakan untuk kepentingan network infrastruktur.
.org: digunakan untuk kepentingan organisasi.
.info: digunakan untuk kepentingan informasional situs web.
.name: digunakan untuk kepentingan keluarga atau perorangan.
.edu: digunakan untuk kepentingan pendidikan (terbatas hanya untuk pendidikan).
.mil: digunakan untuk kepentingan militer (terbatas hanya untuk militer).
.biz: digunakan untuk kepentingan bisnis.
.tv: digunakan untuk entertainment seperti televisi, radio, majalah, dan lain-lain.
.travel:digunakan untuk kepentingan bisnis pariwisata.
Korea menggunakan: .kr
Indonesia menggunakan: .id
Singapura menggunakan: .sg
Malaysia menggunakan: .my
China menggunakan: .cn

Untuk Indonesia terbagi menjadi beberapa sub domain seperti:
.or.id: digunakan untuk organisasi.
.co.id: digunakan untuk komersial.
.go.id: digunakan untuk pemerintahan (khusus pemerintahan dan harus ada izin dari pemerintah bersangkutan).
.ac.id: digunakan untuk pendidikan seperti universitas.
.sch.id: digunakan untuk sekolah dasar.
.net.id: digunakan untuk Internet provider.
.web.id: digunakan untuk umum.

Apa Itu Sub Domain?
Sub domain adalah “anak” dari nama domain utama Anda. Jika kita analogikan dengan folder maka domain adalah folder sedangkan sub domain adalah sub folder. Ketika Anda sudah membeli sebuah nama domain, maka Anda bisa membuat sub domain hingga tak terhingga. Cara penulisan atau penamaan sub domain adalah :
SubDomain.NamaDomain.EkstensiDomain

Jadi semisal kita menpunyai domain websitekita.com kemudian akan membuat sub domain dengan nama profile maka penulisan alamat sub domain adalah
Profile.Websitekita.com

Kapan Anda harus menggunakan sub domain?

Ketika website Anda sudah cukup terkenal, dan Anda ingin membuat layanan baru pada website Anda seperti toko online atau blog maka Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan sub domain ketimbang membeli domain baru. Dengan menggunakan sub domain maka otoritas merk Anda tetap terjaga dan Anda tetap mendapat kepercayaan dari pengunjung.
Ketika Anda ingin membuat website baru yang masih berhubungan dengan website utama Anda maka Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan sub domain.
Ketika minimnya isi kantong Anda. Jika menggunakan sub domain yang pasti kita tidak mengeluarkan dana untuk membeli nama domain baru.

Apa Itu URL?

URL merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator. Merupakan suatu rangkaian karakter dengan format dan standar tertentu yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di internet. Bahasa gampangnya, URL merupakan link atau tautan yang menuju ke halaman atau konten website Anda.

Standar penamaan URL terdiri dari 3 bagian :
  • Protokol, ditulis dengan http atau https. Http sendiri singkatan dari Hypertext Transfer Protocol sedangkan https adalah Hypertext Transfer Protocol Secure.
  • Alamat server, berupa nama domain dan ekstensinya, bis juga menggunakan alamat IP. Penulisan alamat server dapat berupa nama domain secara utuh atau ditmbahkan www di depan nama domain (www sendiri adalah sub domain). Contoh www.google.com, www.detik.com dan lain sebagainya. Boleh juga ditulis detik.com, google.com dan lain sebagainya.
  • Path file, bagian ini hanya diikutsertakan jika alamat url digunakan untuk menunjuk konten, dokumen, file atau halaman tertentu pada sebuah website.

Perbedaan URL sama Domain adalah jika url itu menggunakan “http://” di depan nama domain, sedangkan domain tidak menggunakan “http://”. Contoh url http://google.com sedaangkan domain adalah google.com.


Sekian dan terima kasih :)
Semoga bermanfaat :)

Komentar

  1. manfaat...ijin share y
    jgn lupa kunjungi https://belajarmenulisartikel2.blogspot.co.id/

    salam ngeblog

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas artikelnya sangat membantu,perkenalkan nama saya Ramadhan Fasyach (1922500017) http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  3. Terimakasih untuk artikelnya, perkenalkan saya PUTRI ZETA NOFARRANI (1922500051) dari http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  4. Terimakasih artikelnya sangat membantu dan bermanfaat. Perkenalkan Nama Saya Gerry Fauzi Prastyawan (1922500034) dari http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  5. https://ratihfadhilah.blogspot.com/2016/11/website-hosting-dns-domain-url.html?showComment=1582955311121#c8334188585870546085

    BalasHapus
  6. Terimakasih atas artikelnya saya Jeanvi Hernanti (1922500103) dari http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  7. terima kasih artikelnya saya Dinda Luthfi Dhiya Ulhaq (1922500208) dari http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  8. Terima kasih untuk artikelnya, perkenalkan saya Dehan Permata Sari (1922500213) dari http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  9. Terima Kasih untuk artikelnya, Perkenalkan saya Claudia Cintia NIM 1922500070 dari http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  10. Terima Kasih untuk artikelnya, Perkenalkan saya Claudia Cintia NIM 1922500070 dari http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  11. Terimakasih atas artikelnya. Perkenalkan nama saya Yoland Monica Ismail (1922500036) dari http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  12. Terima kasih untuk artikelnya
    perkenalkn sy Nily Susanti , 1922500046
    dari https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  13. Terimakasih untuk artikelnya, perkenalkan saya PUTRI ANDRHI MULYA BAYUATMADJA(1922500176) dari http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  14. Terima kasih untuk artikelnya, perkenalkan saya DINA MARETA (1922500118) dari http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  15. Terima kasih untuk artikelnya, perkenalkan saya Desy Septiani (1922500152) dari http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  16. Makasih atas penjelasan dan infonya
    Nim 1922300012

    BalasHapus
  17. Makasih atas penjelasan dan infonya
    Nim 1922300012
    Nama Amalia Puri lestari
    Email :https//:1922300012@mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    Website : https//:www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  18. Makasih atas penjelasan dan infonya
    Nim 1922300012
    Nama Amalia Puri lestari
    Email :https//:1922300012@mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    Website : https//:www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  19. Makasih atas penjelasan dan infonya
    Nim 1922300012
    Nama Amalia Puri lestari
    Email :https//:1922300012@mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    Website : https//:www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Cetak Label Beserta Barcode pada Slims 8

Cara Membuat Label Barcode Warna pada Slims 8 Akasia

Konfigurasi Webmail menggunakan Roundcube