Tips dan Trik Mengelola Server Menggunakan CPanel

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Hi Sobat...!! Kali ini saya akan share niiih, mengenai beberapa tips dan trik dalam pengelolaan server menggunakan cPanel. Sebelum itu, Sobat harus tau dulu apa itu cPanel. Untuk mengenai cPanel silahkan klik di sini. Selain itu Sobat juga harus tau dulu apa itu website, domain, dan juga URL. Untuk itu Sobat bisa baca dulu di sini.
  1. Selalu gunakan password yang kuatPassword yang kuat saja masih ada kemungkinan untuk dibobol oleh para hacker apalagi jika Anda menggunakan password yang lemah. Untuk itu gunakanlah password yang kuat baik itu untuk password utama cPanel, Password email, password direktori, dan password-password lainnya. Untuk membuat password yang sangat kuat ikuti tips-tips berikut ini :
    • Hindari password yang menggunakan nama Anda, nama keluarga, nama pacar, dan nama-nama yang terlalu mainstream dan mudah untuk ditebak.
    • Hindari penggunaan tanggal lahir sebagai kombinasi password.
    • Gunakan kombinasi huruf, angka, simbol, dan karakter pada password Anda. Gunakan juga kombinasi huruf besar dan huruf kecil.
    • Semakin rumit dan tidak berpola password Anda akan semakin kuat.  Contoh : $hJiKaQq)+!'+90P?nbVkFdPi:%swRP%$# password ini memang hampir mustahil untuk diingat tapi password ini sangatlah kuat.
    • Hindari penggunaan password yang sama dengan password email, facebook, atau password Anda lainnya.
    • Selalu update password Anda secara berkala. Semakin sering maka akan semakin baik.
     
  2. Hati-hati dalam penggunaan email

    Hati-hati dalam penggunaan email Anda, karena tanpa disadari email dapat menyedot disk space dan bandwith, apalagi bagi Anda yang sering menggunakan file attachment jangan kaget jika tiba-tiba disk space Anda membengkak atau bandwith Anda habis. Jika Anda menggunakan service email secara intensif maka sebaiknya Anda menggunakan server yang khusus digunakan untuk aktifitas email. Jangan lupa untuk menggunakan fitur anti spam untuk mencegah kebocoran disk space karena inbox Anda dibanjiri oleh email sampah dan iklan viagra.
  3. Rutin melihat penggunaan resource
    Bagi Anda pengguna hosting shared, rajin-rajinlah untuk mengecek penggunaan resource server Anda. Jika penggunaan resource terlalu tinggi, kurangi software atau plugin yang Anda install pada website Anda. Jika tidak, Anda bisa kena tendang oleh pihak web hosting.
    Bagi Anda yang memiliki paket hosting dengan kapasitas disk space tertentu, Anda juga harus rajin untuk mengecek dan memantau penggunan disk space server Anda karena penggunaan disk space yang melebihi kuota akan dikenakan biaya tambahan. Bahkan untuk Anda pengguna hosting dengan space "unlimited" pun musti hati-hati dalam menggunakan disk space.
    Kata-kata "unlimited" pada perusahaan hosting biasanya hanyalah sebuah promosi, tidak ada yang benar-benar unlimited karena sejatinya walaupun Anda tidak dibatas dalam kapasitas file namun Anda akan dibatasi oleh jumlah inodes atau jumlah file. Jadi jangan kaget juga jika Anda ditendang dari server hosting karena kebanyakan menyimpan file pada server padahal paket yang Anda gunakan "unlimited".
  4. Lindungi folder dan file penting dengan file protectionUntuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya Anda melindungi sebuah folder atau direktori dengan file protection. Anda bisa mengunci sebuah folder atau direktori pada public_html Anda. Anda juga bisa mengatur file permission pada file-file yang Anda anggap penting. Satu hal yang pasti, jangan merubah file permission file-file Anda ke dalam mode 777 karena 777 merupakan kode yang paling riskan. Mode ini akan mengizinkan siapapun untuk mengakses, menulis, dan memodifikasi sebuah file atau direktori.
    Untuk direktori yang Anda anggap penting dan rahasia, selain Anda lindungi dengan password dan file protection sebaiknya dilindungi juga dengan file index. Atau bisa juga menggunakan index manager untuk menutup atau mencegah pengunjung website mengintip file atau folder yang terdapat dalam sebuah direktori.

Nah sepertinya cukup itu saja tips dan trik dalam mengelol server menggunakan cPanel.
Semoga bermanfaat :)
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Cetak Label Beserta Barcode pada Slims 8

Cara Membuat Label Barcode Warna pada Slims 8 Akasia

Konfigurasi Webmail menggunakan Roundcube